Cara Eksklusif Dalam Pemasaran Media Sosial Pada Tahun 2025

Keunikan merupakan salah satu masalah terbesar yang dapat dihadapi oleh para pakar pemasaran terkait pemasaran media sosial dalam masyarakat kontemporer. Mengingat fakta bahwa ada puluhan juta bisnis yang menyita perhatian pengguna, ada banyak cara untuk membuat strategi yang menarik bagi orang-orang, membantu mereka terlibat dengan bisnis, dan membangun hubungan jangka panjang. Bagi setiap perusahaan, baik kecil maupun besar, masalah keunikan merek pada platform media sosial sama banyaknya dengan tantangannya; termasuk memunculkan ide-ide baru, menjaga kepatuhan terhadap ide-ide tersebut, dan yang terpenting, menentukan populasi target.


Apa Nada dan Sikap Anda?

Untuk membangun bisnis Anda sepenuhnya dan membuatnya mudah dihubungkan, penting bagi merek target Anda untuk konsisten dalam keseluruhan gaya yang Anda gunakan. Bahasa yang Anda gunakan saat berkomunikasi di platform media sosial harus menyerupai bahasa merek Anda, formal, lucu, formal, dll. Mengenai media sosial, orang mempercayai Anda ketika pengetahuan mereka dari satu platform membawa mereka ke platform lain yang mengharapkan informasi serupa dari Anda.


Jadilah Otentik: Individu berhubungan dengan hal yang nyata. Dari semua elemen merek Anda, audiens Anda menghargai keaslian dan oleh karena itu Anda harus menonjolkan sisi kemanusiaan dari merek tersebut. Terakhir, memanusiakan merek Anda akan meningkatkan keterlibatan karena orang-orang cenderung lebih emosional dalam menerima mereka ketika mereka berhubungan dengan suatu perusahaan. Pelajari lebih lanjut tentang memanusiakan merek Anda.


Ciptakan Kepribadian yang Khas: Pertimbangkan bagaimana merek Anda dapat berbicara dengan cara yang membedakannya dari pesaing lain dalam niche Anda. Tertawa, menangis, atau berpikir di luar kebiasaan saat mengatur nada pesan Anda untuk menarik lebih banyak perhatian daripada pesaing Anda.


Manfaatkan Konten Visual

Orang-orang berpikir secara visual dan dengan emosi, dan menggabungkan emosi dan visual ke dalam akun media sosial adalah sesuatu yang sepenuhnya diterima oleh platform seperti Instagram, Pinterest, dan TikTok. Untuk melakukannya, Anda diharuskan memberikan gambar dan video yang cerah dan berkualitas tinggi kepada pengguna sehingga mereka tidak dapat lagi menggulirnya.


Berinvestasi dalam Kualitas: Terlepas dari apakah itu fotografi profesional, konten grafis yang dibuat dengan baik, atau tampilan video definisi tinggi, kualitas tetap penting. Meskipun visual yang buruk memberikan kesan yang tidak diinginkan, visual yang bagus pasti akan menarik perhatian dan menarik perhatian penonton.


Tetap Sesuai Merek Secara Visual: Menggunakan rangkaian warna, font, dan posisi logo yang sama juga memastikan bahwa citra merek didukung dengan baik. Kepribadian merek mudah dikenali dan penggemar serta pemirsa acara tertentu terlibat dengannya karena terasa familier.


Gunakan Video Berbentuk Pendek: Aplikasi seperti Tik Tok, Instagram Reels, atau Youtube Shorts adalah tempat yang ideal untuk berbagi objek dalam bentuk video pendek. Format ini sangat interaktif dan akan membantu Anda menampilkan produk Anda, menunjukkan orang-orang di balik layar, atau memberikan beberapa tips dengan cara yang menghibur.


Terlibat dengan Audiens Anda

Media sosial pada dasarnya bukan hanya sekedar tempat untuk berpromosi, namun juga merupakan cara untuk berinteraksi dengan audiens. Berpartisipasi dengan pelanggan adalah hal yang bijaksana karena hal ini penting untuk mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan mengirimkan pesan seperti yang dilakukan sebagian besar merek.


Tanggapi Komentar dan DM: Libatkan audiens Anda dengan umpan balik yang mereka luangkan waktu untuk memberi tahu Anda bahwa mereka menghargai Anda dengan membalas bagian komentar dan pesan langsung. Keterlibatan ini tidak hanya membantu mengembangkan hubungan persahabatan dengan pembaca tetapi juga menginspirasi mereka untuk terlibat dengan konten yang Anda posting di halaman Anda.


Ajukan Pertanyaan dan Buat Jajak Pendapat: Promosikan proses rekrutmen dengan mengajukan pertanyaan yang memerlukan jawaban. “Jajak Pendapat Akhir Pekan”, Kuis, dan konten merangsang lainnya seperti opsi “Ini atau Itu” lebih menarik, dan akan memberi kami lebih banyak arahan terkait ekspektasi pemirsa.


Selenggarakan Sesi Langsung: Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan melakukan siaran langsung, misalnya di Instagram atau Facebook, karena orang dapat langsung melihat Anda beraksi. Anda dapat menjawab pertanyaan lalu mempromosikan produk atau mengadakan sesi tanya jawab dengan para ahli atau pemimpin opini.


Frekuensi juga melibatkan konsistensi dan memposting secara teratur jika memungkinkan. Postingan harian memberi klien kemampuan untuk mengenal halaman tersebut, sehingga menciptakan keakraban merek dengan audiens. Melewatkan postingan dapat membuat audiens Anda kehilangan minat sementara mempertahankan kehadiran terus membangun kembali kesadaran merek.


Buat Kalender Konten: Pertimbangkan apa yang ingin Anda katakan sebelum menuliskannya dan buat jadwal kapan harus mempostingnya. Dengan cara ini, seseorang selalu dapat menerbitkan artikel secara teratur, dan membahas semua subjek penting tanpa menekankan topik untuk ditulis.


Bereksperimenlah dengan Waktu: Pengikut Anda tidak selalu online, oleh karena itu cobalah memposting pada waktu yang berbeda dalam satu hari atau minggu untuk mengetahui mana yang terbaik. Semua platform di atas memberi Anda beberapa bentuk analisis yang memberi tahu Anda waktu terbaik untuk memposting. Pelajari tentang waktu terbaik untuk memposting di media sosial.


Ceritakan Kisah

Salah satu teknik paling efektif dalam Pemasaran Media Sosial adalah penggunaan cerita yang akan terhubung dengan emosi audiens Anda. Ini tetap menjadi elemen penting dalam tulisan kami karena orang menyukai cerita, cerita tersebut membangkitkan, menciptakan ikatan, dan membantu Anda mengingat sesuatu.


Bagikan Kisah Pelanggan: Ini adalah kisah pelanggan yang puas karena konten buatan pengguna adalah detail nyata tentang produk atau layanan Anda. Cerita-cerita seperti ini lebih dapat dipercaya dan juga sering kali menimbulkan kepercayaan dari 'calon' pelanggan.


Konten di Balik Layar: Beritahu audiens tentang hal-hal yang terjadi di organisasi Anda. Tingkat keterbukaan ini dapat membantu membawa emosi ke dalam interaksi merek/audiens yang pada gilirannya menambah tingkat pemahaman baru kepada audiens yang mampu melihat tidak hanya produk dan layanan tetapi juga bagaimana produk dan layanan tersebut dibuat, atau bahkan proses pemikiran di baliknya. semua.


Agar seseorang menjadi yang terdepan di pasar, kinerja pemasaran di media sosial memerlukan pelacakan kinerja secara real-time. Sebagian besar jejaring sosial sudah memiliki alat analisis bawaan yang dapat menjelaskan apa yang berhasil dan tidak.


Pantau Metrik Keterlibatan: Penting juga untuk memantau parameter konversi seperti jumlah suka, komentar, pembagian, rasio klik-tayang. Metrik ini membantu seseorang dalam menentukan seberapa baik kontennya diterima di pasar.


Pengujian A/B: Bereksperimenlah dengan bentuk konten, gambar, judul, dan CTA untuk memahami mana yang akan memberikan hasil terbaik. Beberapa jenis pengujian A/B perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik dari rencana Anda dan mendapatkan respon yang maksimal.


Lacak Perilaku Pelanggan: Saat merancang kampanye media sosial, terapkan pengetahuan dan sikap yang diperoleh dari media sosial tentang target pasar Anda. Perhatikan jenis postingan yang sering mereka kirim, profil mereka, dan lokasi sebagian besar postingan tersebut sehingga Anda dapat menargetkannya dengan baik.


Namun untuk benar-benar membuat perbedaan, kehadiran media sosial Anda harus memberikan sesuatu kepada masyarakat. Tidak masalah jika Anda hanya mencoba menjual hiburan, pendidikan, atau pemecahan masalah, tambahkan nilai dan orang akan 'membeli' merek Anda.


Konten Pendidikan: Dengan menampilkan diri Anda sebagai figur otoritas, disarankan untuk berbagi tips bermanfaat, tutorial, dan informasi berharga. Ini memastikan bahwa audiens Anda memenuhi kebutuhan mereka sehingga mereka akan menggunakan merek Anda saat mereka membutuhkannya.


Konten yang Menghibur: Postingan yang lucu, sesuai topik, atau menyampaikan daya tarik emosional akan diposkan ulang dan dapat berfungsi sebagai cara bagi lebih banyak orang untuk mengetahui merek Anda. Diskusikan beberapa konsep dengan cara yang lucu, berikan meme lucu atau tantangan menyenangkan kepada pengikut Anda, atau cukup posting konten lucu dan membahagiakan.


Berkolaborasi dengan Merek Lain

Bermitra dengan perusahaan, selebriti, atau grup lain dapat memperluas target pasar Anda dan memberikan ide-ide baru ke saluran media sosial perusahaan Anda. Kemitraan juga memungkinkan kedua belah pihak untuk memanfaatkan keahlian dan persekutuan masing-masing untuk mendapatkan manfaat satu sama lain.


Buat Konten Bersama: Konten sponsor yang dibuat oleh merek lain dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah pengikut suatu merek dan juga membangun kredibilitas. Dari hadiah gratis yang mengharuskan Anda membagikan logo perusahaan hingga streaming langsung yang menggabungkan kedua merek, kemitraan efektif dalam penjangkauan.


Promosi Lintas: Di antara semua metode kerjasama; menggunakan produk atau layanan perusahaan lain untuk mengiklankan produk atau layanan Anda memiliki efek jangka panjang dalam memperkenalkan merek Anda ke pasar baru. Dianjurkan juga bagi seseorang untuk bekerja dengan orang-orang yang nilai mereknya mirip dengan organisasi/perusahaan Anda untuk kemitraan yang tulus.


Setiap kali terjadi perubahan tren atau ditemukan tren baru di pasar maka bisnis harus beradaptasi.


Media sosial bersifat dinamis dan segala sesuatunya berubah seiring berjalannya waktu, oleh karena itu tren yang ada pada suatu waktu mungkin tidak sama pada waktu yang lain. Jika Anda ingin konten Anda diperhatikan, Anda harus mengikuti tren saat ini dan memanfaatkannya.


Ikuti Tren Industri: Cari tren, tagar yang sedang tren, dan tantangan yang sedang tren di berbagai sektor atau platform media sosial Anda yang sedang tren. Membonceng topik yang menarik membuat konten yang Anda hasilkan sesuai dengan aktualitas dan membuat merek Anda tampil lebih perhatian kepada pembaca.


Beradaptasi dengan Fitur Baru: Sebagian besar platform media sosial sering memperkenalkan fitur baru (fitur baru Instagram atau alat pengeditan baru TikTok). Itulah sebabnya penggunaan fitur-fitur ini tidak hanya membuat konten Anda terlihat unik, namun juga memungkinkan Anda mengungguli pesaing dalam pembuatan konten berbasis AI.


Kesimpulan

Ini tentang menjadi kreatif, konsisten, dan yang terpenting memahami audiens Anda dalam pemasaran media sosial. Jadi, ketika membuat merek Anda menonjol dalam konteks beberapa proyek serupa, Anda harus menentukan kepribadian merek Anda, menghasilkan konten yang bermanfaat, membangun hubungan nyata, dan mempertimbangkan kecenderungan dan kemungkinan baru dalam jaringan sosial. Dengan kata lain, pemasaran media sosial bukanlah cara untuk melakukan promosi sederhana, melainkan menciptakan jalan bagi merek dan penggemar untuk terus berkomunikasi.